Minggu, 13 Juni 2010

Air Vs Minuman lain


Ok, postingan kali ini membahas tentang air (sebelum nulis aku mau minum dulu :D)
Tahukah sobat, kalau tubuh kita sebagian besar terdiri dari air? Bahkan otak kita sendiri 85% terdiri dari air.. waww... Kita dapat hidup berminggu-minggu tanpa makanan, tetapi hanya beberapa hari jika tanpa air. Bisa dilihatkan betapa penting air bagi tubuh kita, sayangnya kita sering tidak minum cukup air, sehingga menyebabkan tubuh kita menjadi dehidrasi.

Dehidrasi sendiri memilki terbagi dalam beberapa stadium. Pada stadium awal, kebanyakan tidak menimbulkan gejala sama sekali. Kita dapat merasa haus selama berjam-jam tanpa kita menyadarinya, terutama jika pikiran kita disibukan oleh hal-hal lain. Mungkin kita minum cukup cairan, tetapi tidak cukup air. Apa sih beda air dan cairan (sama-sama cair kan??) yukz kita lihat lebih lanjut

Semua minuman yang bukan air, jus atau susu adalah "racun"
O.o maksudnya?? Ini berarti jika suatu minuman mengandung cafein, alkohol, atau gula tambahan, sebenarnya merupakan racun. Kata racun dalam bahasa Inggris adalah “potion”, yang berasal dari bahasa Latin “potare”, yang artinya meminum. Pada zaman dahulu, kata “potionis” berarti minuman. Sebaliknya, bahasa Latin dari air mineral adalah “aqua”. Jadi, segala cairan atau minuman yang bukan air, jus, atau susu adalah “racun”.

Selama ini, kata “potion” berarti minuman yang memiliki efek tertentu terhadap tubuh. Beberapa “potion” tersebut bersifat kuratif (untuk obat), sementara yang lainnya bersifat mematikan. Itulah sebabnya mengapa kata “poison” sangat erat hubungannya dengan kata “potion”. Keduanya berasal dari asal kata yang serupa.

Oleh sebab itu, cafein adalah suatu obat. Cafein sering digunakan untuk mengatasi sakit kepala dan fatigue, serta meningkatkan kerja obat-obat tertentu. Kadang orang mencampurkannya ke aspirin. Tentunya, tak ada dokter yang akan menyarankan untuk meminum 8-10 dosis obat per hari. Tapi kenyataannya, kita sering kali mengkonsumsi cafein, bahkan hingga ke arah ketergantungan. Dua sampai tiga cangkir kopi pada pagi hari, secangkir teh pada siang hari, dan sejumlah cairan karbonat pada sore hari, serta secangkir kopi saat makan malam – tak heran kita sering mengalami kesulitan tidur!

Cafein adalah salah satu dari sekian banyak “racun” yang sering kita minum, termasuk soda, teh dan susu coklat dengan gula buatan, dan sebagainya. Kita tidak perlu 100% menghindarinya, kita hanya perlu menguranginya, ditambah dengan meminum banyak air mineral.

Manfaat Air Mineral

Air mineral memilki banyaaak sekali manfaat bagi tubuh kita, diantaranya yaitu:
1. Menjaga kelembaban organ dalam tubuh dan jga kulit
2. Menjaga volume kekentalan darah dan getah bening
3. Mengatur suhu tubuh
4. Membuang racun dalam tubuh
5. Menjaga kesehatan jantung
6. Memperlambat timbulnya kanker, batu ginjal dan penyakit hati
7. Mengurangi stress
8. Memperlancar peredaran darah
9. Menyegarkan wajah dan membuat tubuh lebih bugar
10. Meningkatkan kualias tidur
dan masih banyak lagi kegunaan air, maka dari itu ayoo kita budayakan minum air^^!! Murah, segar dan sehat!!

Sember www.tanyadokteranda.com

2 komentar:

  1. potion kalau di Final Fatntasy buat ngobatin...
    ahaha iya bener juga sih :)
    makasih kak ikee

    BalasHapus
  2. waah main sering main Final Fantasy ya Oby

    ok, kembali kasih Oby ^^

    BalasHapus