Rabu, 18 Agustus 2010

ASI selamatkan ibu dari berbagai penyakit


Halo sobat, kita sudah sering dengar bukan kalau ASI mempunyai banyak keunggulan di banding susu formula. Pemberian ASI bagi anak dapat membantu proses tumbuh kembang dan memberikan perlindungan yang tidak dapat disediakan oleh susu formula. Selain itu ASI mudah dicerna oleh si bayi dan tidak menyebabkan konstipasi (sulit buang air besar).

Akan tetapi selain bermanfaat untuk si bayi, ASI juga berguna lho buat sang ibu. Memberikan ASI pada si bayi akan menyelamakan ibu dari berbagai penyakit. Koq bisa?

Selama masa kehamilan, tubuh wanita menyimpan lemak sebagai cadangan untuk digunakan pada saat menyusui. Pada masa menyusui, tubuh seorang wanita akan menggunakan cadangan lemak tersebut untuk proses menyusui. Jika seorang ibu tidak menyusui, maka cadangan lemak dalam tubuhnya akan terus menumpuk berlebihan dalam tubuh. (fakta bahwa ibu yang menyusui lebih banyak mengalami penurunan berat badan ketimbang para ibu yang tidak menyusui setelah melahirkan.)Memberikan ASI juga membantu memperkecil ukuran rahim ke ukuran sebelum hamil.

Semakin lama seorang ibu menyusui maka terjadinya faktor-faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah seperti hipertensi, diabetes dan hiperlipidemia akan semakin menurun. Bahkan beberapa ahli menyatakan bahwa terjadinya kanker payudara pada wanita menyusui sangat rendah.

Karena begitu besar manfaat dari ASI maka WHO dan UNICEF menganjurkan agar para ibu memberikan ASI EKSKLUSIF yaitu hanya memberikan ASI saja tanpa makanan pendamping hingga bayi berusia 6 bulan.

Ayoo para ayah (atau calon ayah :D) dukung istri anda untuk menyusui. Bayi sehat, istripun sehat.
Ayo para bunda berikanlah Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi anda sebagai hadiah terindah dalam menyambut kelahirannya :)


Popular 1:1 Traffic Exchange

4 komentar:

  1. ASI memang cocok buat bayi, kalo susu instant, jelas bayi belum siap

    selain itu ASI juga mendekatkan hubungan ibu dengan sang bayi, sesuatu yg tidak bisa didapat dari susu instant

    BalasHapus
  2. Iya emang bener, tapi ada juga ibu yang ASI nya gak keluar atau terlalu sedikit atau bayinya yang terlalu banyak minum ASI :D

    Seperti adekku yang paling kecil ini. Karena ASI ibuku tidak mencukupi akhirnya terpaksa pakai susu formula. Itupun pemakaiannya harus encer soalnya takut terjadi konstipasi. (Tapi tetep minum ASI loh)

    Iya bener banget ASI emang mendekatkan hub bunda dan buah hati :)

    BalasHapus
  3. siiiip.....

    www.masantonku.tk

    BalasHapus