Selasa, 05 Oktober 2010

Hasil Testpack Positif, Hamil?


Test pack dewasa ini sering digunakan untuk mendeteksi kehamilan, selain praktis tast pack juga lebih pribadi, murah lagi.. hehe. Alat ini juga banyak di jual di toko-toko dan apotek terdekat. Akan tetapi ada yang hasil test pack nya positif ketika pergi ke dokter kandungan, janin belum bisa terdeteksi. Sebenernya test pack itu akurat atau tidak sih?

Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, testpack juga dapat menunjukkan hasil negatif palsu (hasilnya negatif, namun terdapat kehamilan) ataupun positif palsu (hasilnya positif, namun tidak disertai kehamilan).

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan hasil garis yang semu muncul akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada.

Tips menggunakan Test pack yang benar:
1. Buat yang belum pernah menggunakan, baca dengan teliti keterangan dan petunjuk pemakaian yang ada di dalam kotak.
2. Sebaiknya jangan minum air berlebihan waktu akan menggunakan test pack, karena urine yang terlalu cair bisa mempengaruhi hasil test pack.
3. Lakukan test pada pagi hari setelah bangun tidur, karena kadar hCG terbanyak terdapat pada urin tersebut.
4. Setelah menyentuhkan urin ke test pack, diamkan selama 1 menit. Setelah itu akan muncul garis-garis pada test pack sebagai tanda hamil atau tidak.
5. Bila didapat tanda positif kunjungi dokter kandungan untuk memastikan bahwa memang benar-benar hamil dan mendapat nasehatnya, karena perawatan yang benar sejak dini sangat penting buat calon buah hati dan calon ibu.

Kalau hasilnya negative coba lagi beberapa waktu (disarankan 2 minggu sampai 1 bulan). Bila ternyata hasilnya tetap negatif dan kamu belum juga dapat haid, segera periksakan ke dokter kandungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar